Kamis, 04 Februari 2010

Kembali Ke Alam semesta dan Tradisi Daerah

Hari Rabu, hari yang bersejarah buatku. Di hari ini tanpa terasa aku digiring oleh Sang Pencipta untuk kembali ke alam dan tradisi. Benar-benar tanpa direncanakan sebelumnya. Mengalir apa adanya. Pertama-tama kemarin sore hari Selasa, tetehku teh Iyang nelpon untuk kasih tau mau transfer buat aku dan keluarga, dari bulan kemarin mulai rutin lagi kasih uang bulanan buat aku. Terus tiba-tiba kasih tau tentang payung yang ga dikasihin sama pegawai Baraya Travel ke aku. Kejadiannya lumayan panjang, tepatnya pada tanggal 3 Januari 2010. Alhasil, teteh minta ganti rugi atas kerugian hilang payung ke pegawai Baraya Travel itu. Tau sendiri sifat tetehku itu keras kepala. Parahnya aku harus ikut2an minta tanggung jawab ke petugas itu. Besok sesuai perjanjian mau ganti pake uang aja soalnya payung udah hilang. Kasian pegawai itu sampe minta maaf berulang-ulang. Masa aku harus langsung ke Dago hari itu juga cuma buat ambil uang ganti rugi itu. Aku berpikir ga bisa hari ini.

Siang baru berangkat bareng mama. Ngambil uang transfer dari teh Iyang di ATM. Menuju Dago deh. Di Dago nunggu lama banget, untung ada Gampoeng Atjeh jadi bisa sambil makan disitu. Kasian mamah ga suka bumbu masakan Aceh, rada aneh katanya. Tapi mamah suka banget sama kopinya, favorit banget katanya. Baru jam 4 sore lebih mba Eka yang dititipin sama pegawai Baraya Travel itu baru muncul. Habis dari Baraya Travel Dago terus menuju Toko Buku Gramedia - Jl Merdeka, Bandung. Disana seperti biasa aku hunting buku-buku baru. Bulan ini belum baca buku. Bener-bener haus ilmu, hihi..:P
Ga disangka-sangka aku terpesona sama buku yang berjudul "The Dance Of Change : Menemukan Kearifan Melalui Kisah-Kisah Kebijaksanaan Timur" - Jusuf Sutanto. Dari pertama baca isinya udah jatuh hati. Beruntung ada satu buku yang udah terbuka plastiknya. Isinya bagus banget. Bener-bener bagus, bener-bener arif dan bijaksana banget. Tapi sebentar muter2 cari2 buku yang lain. Lumayan lama juga eh.. balik lagi ke buku itu. Alhasil beli buku itu deh. Ada lagi selain itu buku "Geliat Bahasa Selaras Zaman", isinya juga bagus dan unik aja. Belum baca sampai jauh banget. Yang jelas hari ini beli dua buku itu.

Dari Gramedia naik angkot Kalapa-Ledeng. Ngga disangka-sangka ketemu pak Lucky (dosen di kampus). Aduh kaget juga. Tapi biasa aja aku menyapanya. Turun di jalan Lengkong Besar. Biasa nganterin mamah beli Boloe Kodja yang udah di incer mamah jauh2 hari. Tempatnya bener-bener klasik banget. Bener-bener zaman dulu banget deh. Udah gitu mampir di pasar Kordon, belanja dulu. Trus mampir ke rumah Bi Tia di Pasir Pogor buat beli bolu tape (resep dari zaman dulu kan?). Ngobrol2 di Bi Tia bener2 dapet inspirasi. Kata2 Bi Tia yang terngiang2 terus, "ayeuna mah teu usum cari2 kasalahan batur, ayeuna mah usum na gawe". Trus kata2 Mang Nanang "saprak aya perdagangan bebas Cina ASEAN usaha ayeuna teh rada sesah janten kedah kreatif, pan ieu teh menggali potensi daerah, teu aya salah na ngangkat potensi sunda". Setuju banget.

Dari rumah Bi Tia mampir ke Apotek dulu. Trus pulang deh. Lumayan malem juga soalnya nunggu lumayan lama sampe hujan mulai rada reda. Soalnya ga bawa payung.

Dipikir2 hari ini aku bener2 ditarik untuk sadar diri akan alam sekitar dan tradisi daerah sendiri. Makasih Allah swt telah memberi pelajaran berharga untuk hari ini.


Bandung, 3 Februari 2010 (dari kurang lebih jam 1 siang sampe jam 11 malem).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar