Sabtu, 22 Agustus 2009

1 Ramadhan 1430 H

Hari pertama puasa ternyata ngga begitu kaget buat tubuh. Soalnya beberapa minggu sebelumnya tubuh dilatih untuk berpuasa. Maklumlah kodrat jadi perempuan ngga bisa tamat puasanya sebulan penuh kan? Yupz... jadinya harus di qadha shaum Ramadhan tahun kemaren. Perasaan sih udah ngga punya hutang puasa tapi puasa lagi aja takut lupa dan sekaligus melatih tubuh supaya ngga kaget menghadapi bulan Ramadhan kali ini. Yippiiii.... akhirnya sukses deh sekarang.

Oh iya lupa kemaren ada kejadian unik deh pas shalat sunat Tarawih. Ceritanya pas raka'at pertama lagi mencoba untuk khusyuk shalatnya dengan memejamkan mata eh... tiba-tiba aja ada yang menyeruduk dari depan. Ya ampuuun... kaget banget. Pas melek ternyata ada seorang ibu dengan semangat '45 lewat gitu aja. Bolak-balik pula sampe tiga kali balikan. Saking semangat kali yah? Sampe ketinggalan shalat berjama'ahnya. Halah... ada-ada aja.

Rutinitas shalat sunat Tarawih di mulai dengan shalat Isya' berjama'ah. Kuliah tujuh menit baru deh dimulai shalat sunat Tarawihnya. Ditengah-tengah raka'at ke-8 udah pada bolong-bolong shaf-nya. Selesai shalat sunat Tarawihnya baru mengucapkan niat puasa Ramadhan secara berjama'ah. Setelah itu ada ritual saling bersalam-salaman antara jama'ah. Nah... ritual terakhir ini muda-mudi udah pada ngga ada. Hmm... bisa di bilang ini ritual orang tua kali yah? Kok bisa? Ngga tau juga....

Puasa bukan berarti aktivitas kita berkurang kan? Puasa identik dengan lemah, letih dan lesu? Ngga banget tuh.
Banyak banget yang kita bisa lakukan. Misalnya kenapa kita ngga berusaha menjadi peneliti aja. Memanfaatkan waktu bulan Ramadhan ini buat meneliti realitas sekitar. Coba pikir deh peristiwa hari ini itu merupakan sejarah di masa depan. Kenapa kita biarin aja sejarah buat masa depan berlalu begitu aja? Ayo dong.... berkarya!!!

Banyak hal yang bisa kita teliti. Hal sepele aja kita hitung jumlah shaf jama'ah di mesjid dari mulai hari pertama sampe hari terakhir. Ada berapa orang yang baca Al-Qur'an di mesjid. Kegiatan apa aja yang diadakan mesjid sekitar rumah. Ada yang bilang mesjid itu bisa dikatakan makmur dilihat dari jumlah jama'ahnya pada shalat shubuh. Nah... kita bisa cek juga kan? Hal yang ngga ada kerjaan? Ngga juga loh... itu bisa meningkatkan kesadaran kehidupan umat Muslim di Indonesia. Bukannya itu bagian dari budaya Indonesia kan? Jadi kita punya pengetahuan seberapa kualitas kehidupan umat Muslim di Indonesia saat ini. Kali ini banyak banget yang mempengaruhi pemikiran umat Muslim. Entah itu berkiblat ke negara-negara Islam di luar sana. Yang jadi pertanyaan apa cocok dengan kultur bangsa Indonesia?

Nah... penelitian kecil yang kita lakukan sekarang ini setidaknya bisa sedikit menjawab pertanyaan besar itu. Yupz... mudah-mudahan aja meskipun sulit untuk menemukan jawabannya.

Oh iya terharu banget tadi pas buka puasa di mesjid di penuhi anak-anak Panti Asuhan Al-Fitroh. Itu loh yang kemaren mengisi acara di panggung hiburan 17 Agustus kemaren. Ups... sorry belum di posting di blog. Yupz... senangnya, komplek perumahan dikenal dengan warganya yang individualistis. Tapi ternyata ngga di bulan Ramadhan ini loh. Uhh... senangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar